25 rumah rusak berat akibat longsor di Bandung barat

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) mengatakan kiranya sejumlah wilayah selama bandung barat mengalami bencana longsor hingga mengakibatkan 23 rumah rusak berat.

hujan dengan intensitas tinggi telah menyebabkan longsor pada tiga kecamatan, papar kepala pusat data Informasi serta humas bnpb sutopo purwo nugroho di jakarta, selasa.

sutopo menyebutkan tiga kecamatan itu adalah kecamatan gununghalu, kecamatan rongga serta kecamatan cipongkor kabupaten bandung barat.

kondisi permukiman dan berada dalam tebing perbukitan curam dan kondisi lereng berupa lahan pertanian semusim telah menyebabkan wilayah itu mempunyai risiko longsor tinggi, katanya.

dia menyebutkan, tercatat 23 rumah rusak berat, 97 properti terancam longsor dan 87 jiwa mengungsi akibat longsor di tiga kecamatan itu.

Informasi Lainnya:

sebagian penduduk masih mengungsi selama properti kerabatnya dan lebih alami katanya.

dia menambahkan, melalui pemukiman yang dibangun selama perbukitan berlereng curam serta tutupan hutan amat sempit serta kondisi tanah yang tebal juga mempunyai mata air dalam bagian sedang update batuan keras selama bagian bawah lapisan tanah memperbesar resiko longsor.

untuk tersebut pemda mesti memfasilitasi teknologi konservasi tanah juga air kepada penduduk agar risiko bencana dapat diminimalisir, katanya.

banyak produk teknologi sederhana untuk keluar dari longsor, papar dia, baik secara fisik juga vegetatif dan disesuaikan kondisi setempat.