Kementerian Perdagangan prioritaskan peningkatan kesadaran konsumen

kementerian perdagangan (kemendag) memprioritaskan peningkatan kesadaran pelanggan sebelum menggunakan ataupun mencari produk serta jasa dibanding memproses dengan legal komplain pelanggan.

kami tidak terlalu menekankan masalah pengaduan. masalah pengaduan tersebut nanti mau berujung pada proses pengadilan juga itu mau lama ceritanya, tutur wakil menteri perdagangan, bayu krisnamurthi, selepas peringatan hari pelanggan nasional dalam jakarta, sabtu (20/4).

kementerian perdagangan, berdasarkan dia, lebih mengutamakan web peningkatan kesadaran konsumen saat akan mengkonsumsi produk atau toko layanan semisal membaca ketentuan serta kesesuaian pilihan dan jasa melalui janji produsen.

krisnamurthi melanjutkan konsumen indonesia punya hak untuk menolak produk barang ataupun jasa yang tidak pas melalui janji-janji beriklan.

Informasi Lainnya:

mereka (konsumen) bersuara, kami akan fasilitasi dan akan menyebutkan, perusahaan serta produk itu tidak pas 2012 dipublikasikan. konsumen lain merupakan sadar dan tak mencari. tersebut malahan lebih kuat dari sekedar mengadu serta menuntut, tutur dia.

kemendag, lanjut dia, serta menyertakan sederat institusi aturan, studi, juga organisasi massa agar meningkatkan kesadaran konsumen.

ini (kesadaran pelanggan) merupakan sebuah gerakan studi penduduk. kami baru mempelajari apakah kesadaran ini usah masuk pada kurikulum serta tak, kata dia.

bayu menambahkan kesadaran konsumen indonesia untuk bekerja sama dengan dan mengambil keputusan konsumsi dengan cerdas dan turut mendatangkan ketahanan ekonomi daripada perdagangan barang serta jasa impor.