Presiden Moursi akan rombak Kabinet Mesir

presiden mesir mohamed moursi, sabtu, menungkapkan ia akan segera mengumumkan Salah satu perombakan kabinet, sementara tak mau memenuhi tuntutan-tuntutan oposisi bagi Satu perombakan menyeluruh pemerintah.

moursi, yang mendapat tekanan kuat oposisi untuk memecat perdana menteri hisham qandil, mengemukakan kepada stasiun televisi al-jazeera, hendak banyak pergantian menteri langsung juga tersebut akan menggandeng pilihan kementerian.

tetapi presiden tersebut membantah ia melakukan aksi itu atas tekanan.

tujuan perombakan kabinet tersebut adalah supaya mencapai kesejahteraan publik, di perubahan-perubahan yang kami akan lakukan, katanya pada stasiun televisi yang bermarkas pada qatar itu.

Informasi Lainnya:

seorang staf senior kepresidenan menungkapkan moursi mungkin hendak mengumumkan perombakan kabinet itu di akhir pekan, dan pada mesir jatuh pada hari kamis.

ada enam sampai delapan menteri, juga pergantian-petgantian luas para gubernur provinsi, ujarnya.

menteri-menteri dan ingin digantikan tergolong beberapa menteri penting, tambahnya . aku tak dapat menyebut nama-nama mereka, seperti yang anda ketahui, ini merupakan Satu masalah peka.

moursi berulang-ulang mengumumkan kepercayaannya pada qandil, dan pemecatannya dituntut oleh Salah satu koalisi oposisi dan menuduh dia tidak becus mengurus ekonomi mesir --yang mengalami krisis.

oposisi menetapkan pemecatan qandil dijadikan Satu syarat supaya mengakhiri boikot pemilihan parlemen, dan mungkin diadakan musim gugur.

kami akan memberikan komentar bagaimana manakala kami menyaksikan ada perubahan, sangat ada variabel, tutur ahmed kamel, juru bicara oposisi partai kongres --yang dipimpin mantan ketua liga arab amr mussa.

tetapi kami sudah dengan tegas menyampaikan kiranya visi kami adalah bahwa yang diperlukan mesir adalah Salah satu pemerintah persatuan nasional dan bisa memulihkan kepercayaan, tambahnya. dan kementerian-kementerian dan berkaitan melalui pemilihan parlemen harus tak berpihak.

konflik berlarut-larut diantara oposisi dengan moursi mendorong tetundanya pinjaman 4,8 miliar dolar as daripada dana moneter internasional (imf).

pemerintah qandil, dan diangkat sesudah moursi terpilih juni, sudah berusaha menanggulangi ekonomi yang lesu darah kendatipun santunan miliaran dolar as daripada qatar dan kaya energi dan beberapa negara lain.

pemerintah menyatakan pengangguran, Satu keluhan utama pada kalangan pemrotes muda dan membantu menggulingkan presiden hosni mubarak awal tahun 2011,meningkat sejak pemberontakan itu, tetapi investasi-investasi asing juga pendapatan dari turisme berkurang, demikian afp.