Sudan larang pasukan perdamaian masuk Darfur

sudan melarang pasukan penjaga perdamaian internasional memasuki darfur barat pada mana sedikitnya 50.000 orang menyelamatkan diri dari kekerasan etnik, kata misi pbb seperti dikutip afp, minggu.

insiden tersebut merupakan yang terakhir dari serangkaian pembatasan akses yang diungkapkan misi pbb-uni afrika di darfur (unamid).

misi tak berada selama posisi memberikan keterangan terinci mengenai keadaan dalam daerah umm dukhun sebab patroli pemeriksaan unamid, yang berusaha mencari akses pada 10 juga 11 april, tak diharamkan menggarap hal itu oleh pemerintah sudan, papar juru bicara unamid aicha elbasri.

sedikitnya 18 pihak tewas di bentrok antara kelompok-kelompok suku misseriya dan salamat dalam daerah dan berbatasan melalui chad, papar seorang ketua suku kepada afp pekan kemarin.

Informasi Lainnya:

sabtu pada new york, deputi juru bicara pbb eduardo del buey menungkapkan, 50.000 pihak pada sepekan terakhir saja telah menyeberangi perbatasan menuju chad karena konflik antarsuku.

sekretaris jendral pbb ban ki-moon menyampaikan unamid selalu mendesak bagian berwenang agar memberi mereka kebebasan gerak tanpa halangan pada wilayah darfur, sesuai melalui perjanjian status pasukan.